MENINGKATKAN PERFORMANSI BERBAHASA DENGAN MENERAPAKAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL (MODEL PENCAPAIAN KONSEP) PADA KEMAMPUAN BERBICARA

Authors

  • Aditya Permana Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi

Keywords:

Performansi, Berbicara, Concept Attainment Model

Abstract

Keterampilan berbicara sebagai salah satu mata kuliah yang diajarkan pada semester IV program studi pendidikan bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan kecakapan berkomunikasi secara aktif dalam memecahkan suatu masalah. Realita yang banyak dijumpai fakta-fakta yang menggunakan model pembelajaran yang masih dominan yaitu model pembelajaran yang bersifat informatif sehingga interaksi antar subjek belajar kurang intensif. Meskipun sering berinteraksi dan ditemui dalam kehidupan, akibatnya dalam berbicara cenderung pasif, sehingga kurang mengasah cara berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah. Selain itu, rasa percaya diri yang kadang berani atau tidak disebabkan karena penguasaan konsep yang ingin dikomunikasikan kurang dipahami. Model pencapaian konsep dapat dijadikan sebagai sebuah model pembelajaran yang cukup baik dalam pembelajaran berbicara. Dengan demikian para pendidik dapat mengunakan model pencapaian konsep ini dalam pembelajaran berbicara. Berdasarkan perolehan nilai pretes dan postes baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol bahwa ternyata pembelajaran berbicara mahasiswa semester IV lebih efektif menggunakan model pencapaian konsep sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa.

References

Fisher. Aubrey. 1986. Perspectives on Human (Teori-Teori Komunikasi). (terjemahan). Bandung: Remadja Karya.

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar.

Hendrikus, Dori Wuwur. 1990. Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargmentasi, Bernegosiasi: Ladero.

Joyce, Weil. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). (Edisi 2, terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurjamal, Sumirat, Darwis. 2009. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G. 1997. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ridwan. Muthmainnah. Wapsitaliki. 2010. Model Pembelajaran (Pencapaian Konsep dan Berpikir Induktif). http://zaifbio.wordpress.com/2009/07/01/ model-model-pembelajaran/ [online] diakses tanggal 8 November 2011.

Published

2016-01-13