IMPROVING VOCATIONAL HIGH SCHOOL ALUMNI COMPETITIVENESS THROUGH ONLINE BUSINESS TRAINING

Penulis

  • Nurmawati Nurmawati IKIP Siliwangi
  • Sri Nurhayati
  • Agus Hasbi Noor IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v10i2p160-167.2724

Kata Kunci:

Online Business Training, Competitiveness, Vocational High School Alumni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan bisnis online yang dilaksanakan di SMK Cendekia Batujajar Kabupaten Bandung Barat dan untuk meningkatkan kompetensi alumni bisnis online yang telah mengikuti pelatihan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Cendekia Batujajar, panitia penyelenggara pelatihan, dan peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari analisis data dan hasil penelitian dapat dipastikan bahwa pelatihan bisnis alumni SMK meningkat setelah mengikuti.

Biografi Penulis

Nurmawati Nurmawati, IKIP Siliwangi

Guru

Referensi

Akbar, S.T., Joko, R. T. (2018). IMPLEMENTASI PELATIHAN PENGELASAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Vol. 3 No 2 Hlm. 184- 192. Agustus 2018, 3(2).

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54.

Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., Maulida, H., Manajemen, P. S., & Pamulang, U. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi. 1(1), 26–33.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Kamil, M. (2003). Model-Model Pelatihan. Makalah, 68–70.

Nana, N., & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 82. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35915

Nurhayati, S. (2020). Improving teachers’ entrepreneurship skills in the Industry 4.0 through online business workshops. Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0, October, 81–86. https://doi.org/10.1201/9781003035978-12

Nurhayati, Sri. (2018). Pengembangan Model Pelatihan dengan Pendekatan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Asesmen Pembelajaran Bagi Pendidik di Kota Cimahi.

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(9), 19–24.

Semarang, U. K., & Aningtiyas, E. S. (2012). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. 1(1), 1–6.

Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179. https://doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.67

Siti, Z. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.

Susila ,Linda Nur., Haryanti, Setyani Sri., Saryanti, Endang.Stie, M., Surakarta, A. U. B., Salah, A., Online, B., & Wirausaha, M. J. (2020). PELATIHAN BISNIS ONLINE GUNA MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA GENERASI MUDA. WASANA NYATA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 29–32.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-10