MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Siti Ruqoyyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa MA. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa MA. Tujuan dalam penelitian adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain pretes posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu MA di Kota Cimahi, sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel yaitu X MIA sebagai kelas eksperimen sebanyak  20  siswa   dan   kelas   X  IIS   sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa  MA   yang  pembelajarannya  menggunakan  Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.

Published

2018-11-30