PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP

M. Afrilianto (1*)


(1) Dosen Tetap Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kota Bandung, sedangkan sampel penelitiannya  adalah sebanyak dua kelas dari kelas VII yang dipilih secara acak dari seluruh kelas VII yang ada. Kemudian kedua kelas tersebut dipilih menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pendekatan Model-Eliciting Activities dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini  berupa  soal tes kemampuan komunikasi matematik. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Kesimpulan yang diperoleh yaitu kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Model-Eliciting Activities lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa.

 

Kata Kunci: Komunikasi Matematik, Pendekatan Model-Eliciting Activities

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to examine the achievements students’ mathematical communication ability between those who acquire learning through with Model-Eliciting Activities learning approach and conventional learning. The method was used in this study is the experimental method, with pretest-posttest control group design. The population was the entire students of SMP in Bandung, while the sample is two classes of grade VII selected randomly from all the existing class of grade VII. Then these two classes were randomly assigned into experimental class and control class. Experimental class with Model-Eliciting Activities learning approach and control class gets conventional learning. Research instruments include tests of mathematical communication ability. The data were analyzed using t-test and the Mann-Whitney test. The results showed that Students’ achievement of mathematical communication ability of mathematical learning through with Model-Eliciting Activities learning approach is better than through conventional learning.


Keywords: Mathematical Communication, Model-Eliciting Activities Learning Approach

Keywords


Komunikasi Matematik, Pendekatan Model-Eliciting Activities

References


Depdiknas. (2006). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, 1, 126-196.

Fitriah, P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hanifah, T. (2013). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Model-Eliciting Actifities (MEAs) dalam Pembelajaran Matematika. FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hulukati, E. (2005). Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif. Disertasi SPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Permana, Y. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMA melalui Model-Eliciting Activities. Disertasi SPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Suherman, et.al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, U. (2012). Bahan Ajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Cimahi: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p40-45.162

Article Metrics

Abstract view : 1281 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1029 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.