HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA KARYA SASTRA MAHASISWA SEMESTER 2 PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP SILIWANGI BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • R. Ika Mustika, Mustika Dosen Tetap STKIP SILIWANGI
  • Engla Tivana Tivana Dosen Tetap STKIP SILIWANGI
  • Mekar Ismayani Dosen Tetap STKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p234-239.182

Keywords:

Minat Baca, Kebiasaan Membaca Karya Sastra

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca karya sastra, mendeskripsikan kebiasaan membaca karya sastra dan untuk mengetahui hubungan minat baca terhadap kebiasaan membaca karya sastra mahasiswa semester 2 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Ajaran 2015/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Metode ini digunakan untuk menganalisis minat baca karya sastra, menganalisis kebiasaan membaca karya sastra, serta untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca karya sastra pada mahasiswa semester 2 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi bandung. Sampel yang dpakai dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 STKIP Siliwangi Bandung yang terdiri dari tiga kelas, yaitu A1, A2, dan A3. Instrumen yang digunakan untuk melihat hubungan minat membaca dan kebiasaan membaca karya sastra adalah instrumen angket. Hasil rata-rata nilai rata-rata angket kebiasaan membaca karya sastra dari kelas A1 adalah 10,15. A2 adalah 10,88, dan A3 adalah 9,38. Dari rata-rata ketiga kelas tersebut rata-rata kelas A2 memperoleh minat baca karya sastra yang lebih tinggi, yaitu 10,88. Korelasi minat baca dengan kebiasaan membaca kelas A1, A2, dan A3 adalah kuat. A1 sebesar 0,248 dengan signifikansi 0,018, A2 sebesar 0,383 dengan signifikansi 0,000, dan A3 sebesar 0,482 dengan signifikansi 0,000.Kata Kunci: Minat Baca, Kebiasaan Membaca Karya Sastra ABSTRACT This study discusses the empowerment of the members of the Union of Soldiers Wife (Persit) in increasing the self-reliance through activities in the Integrated Service Post 15 Cleaver II Infantry Brigade Cimahi. The aim is to describe the activities in the Integrated Service Post 15 Cleaver II Infantry Brigade Cimahi and to describe the benefits of empowering members of the Union of Soldiers Wife (Persit) in carrying out activities in the Integrated Service Post 15 Cleaver II Infantry Brigade Cimahi. This study is a qualitative research. Instruments in this study is that doing research itself, which researchers. Data was collected in three ways: observation, interviews and documentation. Activities carried out by cadres Poyandu Rose Brigif 15 Cleaver II Cimahi according to the principal activity according to the Ministry of Health in 2006 include: mother and child health, immunization, prevention and control of diarrhea, malnutrition. The benefits cadre's in conducting at the Posyandu Infantry Brigade 15 Cleaver II Cimahi namely cadre's feeling confident in their social environment, the cadres have many friends (socialization good), cadres become more independent and disciplined, cadre honored bias join as Posyandu so that familiarization with hostel residents closer, cadres also feel increased knowledge about basic health for mother and child. Keywords: Empowerment, Warrior Wives Association (Persit), Integrated Service Post. 

References

E. DAFTAR PUSTAKA

Abrams, M.H. 1979. The Mirror and The Lamp: Romantic Theory and The Critical Tradition. New York: Oxford University Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, Nuryati. 2009. Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif. Padang UNP : Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2006. Pengajaran Puisi Analisis dan pemahaman. Bandung: Nuansa

Effendi, S.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Hasanah, Muakibatul, Nurchasanah & Hamidah, S. C. 2011. Membaca Ekstensif:Teori, Praktik, dn Pembelajaran. Malang: Pustaka Kaiswaran

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KemandirianGuru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rosidi, A. 1983. Pembinaan Minat Baca, Bahasa dan Sastra. Surabaya: Bina Ilmu

Syanti. 2013. Korelasi antara Kebiasaan membaca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMK Negeri Bintan. E-Jurnal. Volume 1, Nomor 1.

Sugiyono. 2003. Metode penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Published

2015-11-30