PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Authors

  • Ika Wahyu Anita Wahyu Anita Dosen Tetap STKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p246-251.184

Keywords:

motivasi belajar, jenis kelamin, kemampuan berpikir kritis matematis

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika. Akan dicari faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar mahasiswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, kemudian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung serta menghambat motivasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian yang diambil adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar II di STKIP Siliwangi Bandung berjumlah 84 orang. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Data-data penelitian diambil dari angket mahasiswa, wawancara dan tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Kata kunci: motivasi belajar, jenis kelamin, kemampuan berpikir kritis matematis ABSTRACT This study was motivated by the low of critical thinking skills of the mathematics education students. Will be searched the factors that affecting the capabilities. The purpose of this study to determine the influence of learning motivation (in terms of the gender differences) to the ability of mathematics critical thinking, then to determine what factors that support and hinder the learning motivation. The research sample is 84 students who take Structure of Algebra II in STKIP Siliwangi Bandung. This study used expost-facto research. The data taken from the students questionnaires, interviews and the mathematics critical thinking test. The results showed the differences learning motivation in terms of the gender differences, but not significant for the mathematics critical thinking. Keywords: learning motivation, gender, math critical thinking

References

E. DAFTAR PUSTAKA

Agustian, A. G. & Mukri, R. (2007). ESQ For Teens #1. Jakarta: Penerbit Arga

Depdiknas. (2002). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Ennis, R. H. (1996). A Critical Thinking. New York: Freeman

Hoang, T. N. (2008). The Effect of Grade Level, Gender, and Ethnicity on Attitute and Learning Environment in Accounting in High School: International Electronic Journal of Accountuing Education. Vol. 3.

Johnson. (2007). Berpikir Kritis dan Kreatif. Bandung: MLL

Makmun, A. S. (2004). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, H. (1986). Dedaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemmars

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Susanto, H. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia di: https://bagawanabiyasa. wordpress.com /2013/05/02/kemampuan-berpikir-kritis/ Diakses 01 Nopember 2015.

Published

2015-11-30