PENERAPAN METODE JIGSAW BERBASIS ICT PADA PEMBELAJARAN BERBICARA DEBAT MELALUI LESSON STUDY

Aurelia Sakti Yani
Yusep Ahmadi
Diena San Fauziya

Abstract


Penelitian ini masih banyak siswa yang belum menguasai berbicara terutama dalam berbicara debat. Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan guru-guru di SMK, semester satu yang sedang belajar materi debat. Metode belajar yang dilakukan adalah jigsaw berbasis ICT karena dalam penggunaan metode jigsaw lebih efektif dan menurut siswa sangat menyenangkan dalam langkah-langkah pembelajaran metode jigsaw berbasis ICT di sini . Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw berbasis ICT melalui lesson study dapat membuat siswa lebih aktif dan inovatif dalam belajar khususnya dalam materi debat. Peningkatan hasil belajar bisa terlihat dari rekap persentase, pada siklus 1 siswa yang mampu berbicara dengan baik dan terampil sebesar 80%, siklus 2  93%, dan siklus 3 sebesar 95%. Selain itu, empat kemampuan siswa dalam pengamatan program ini, juga mengalami peningkatan.


Keywords


Metode Jigsaw Berbasis ICT, Berbicara Debat, Lesson study

References


Agung, Y. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Multisim10 Simulations pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Cahyani, I., & Hodijah, H. (2013). Kemampuan berbahasa indonesia di sekolah dasar. Bandung: UPI Press.

Dikti, D. (2009). Buku Panduan Pengelolaan Hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat DP2M Ditjen Dikti Depdiknas. Jakarta: DP2M Ditjen Dikti.

Garminah, N. N., & Suartama, I. K. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Gillies, R. M., & Boyle, M. (2010). Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. Teaching and Teacher Education, 26(4), 933–940.

Haryadi, Z., & Zamzani, Z. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depar-Temen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial pendekatan kualitatif & kuantitatif. Erlangga, Yogyarta.

Ismawati, E., & Djaja, W. (2012). Perencanaan pengajaran bahasa: langkah menuju guru berkompeten dan profesional. Penerbit Ombak.

Lie, A. (2008). Kooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Munir, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 48–55.

Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Publikasi Pendidikan, 6(1).

Susilo, H., Husnul, C., Ridwan, J., & Jumiati, Y. (2009). Lesson study berbasis sekolah: Guru konservatif menuju guru inovatif. Malang: Bayumedia.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiyanto, A. (2003). Debat Sebagai Retorika. Jakarta: Aneka Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.1993

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.