Penerapan Model Disconvery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X SMAN 6 Mataram

Penulis

  • Lindra Wahyu Kurniawati Universitas Mataram
  • I Komang Mudika Yasa Universitas Mataram
  • I Putu Artayasa SMAN 6 Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v10i2.3845

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Discovery Learning, Ekosistem

Abstrak

Pendidikan di sekolah pada proses pembelajaran dapat menciptakan sumber daya manusia berkualitas dalam mengikuti perkembangan zaman. Pelaksanaan pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dengan meningkatkan keaktifan belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 6 Mataram. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X8 dengan jumlah 34 semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 6 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan rubrik penilaian, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata siklus I sebesar 65% (Kategori sedang) menjadi rata-rata siklus II sebesar 78% (Kategori tinggi). Pelaksanaan pembelajaran dengan disisipkan permainan membuat siswa akif belajar, berani menjawab pertanyaan, mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat, sehingga strategi pembelajaran harus diterapkan dengan disesuaikan kebutuhan belajar dan karakteritik peserta didik

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rhineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Budimansyah, D. (2009). PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo

Handita, Y., Puguh W.P, & Sugiyem. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Saat Pandemi. Derivat, 9 (1): 82-94. https://doi.org/10.31316/j.derivqt.v9i1.2990

Isrok’atun & Rosmala. A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Octavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Rahayu, I. P., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193–200. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Yahya, A dan Wahidah Bakri. N. W. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Analisa, 6 (1): 69-79.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-18