PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIPA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KURIKULUM MERDEKA KELAS IV BERBASIS APLIKASI CANVA FOR EDUCATION

Penulis

  • Febby Rahmanda Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v11i2.4880

Kata Kunci:

Development, Komipa, canva for education

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran komipa pada mata pelajaran PKn di kurikulum merdeka kelas IV berbasis aplikasi canva for education, (2) untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran komipa pada mata pelajaran PKn di kurikulum merdeka kelas IV berbasis aplikasi canva for education, (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran komipa pada mata pelajaran PKn di kurikulum merdeka kelas IV berbasis aplikasi canva for education. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan kritik yang diberikan dari ahli validasi, ahli praktisi dan respon peserta didik terkait produk yang telah dikembangkan. Data kuantitatif dari penelitian ini diperoleh dari angket validasi materi, validasi media, validasi bahasa, dan angket validasi praktisi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negri 28/IV Kota Jambi, pada 13 Mei 2024. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi, angket validasi media, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli praktisi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh hasil kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran komipa yang dikembangkan. Selain itu, data pendukung lainnya diperoleh dari wawancara guru serta peserta didik. Hasil penelitian dan pengembagan ini berupa media pembelajaran komipa untuk kelas IV pada pembelajaran PKn berbasis aplikasi canva for education. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor validitas 80 dengan kategori valid, hasil penilaian validasi ahli media memperoleh skor validitas 68 dengan kategori cukup valid dan hasil penilaian validasi ahli bahasa memperoleh skor validitas 96,3 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran komipa yang telah dikembangkan juga melewati penilaian ahli praktisi yang memeproleh skor 100 dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan media komipa juga memperhatikan angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 90 serta pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 89,46. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komipa pada mata pelajaran PKn di kurikulum merdeka kelas IV berbasis aplikasi canva for education ini valid dan sangat praktis serta sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran PKn kelas IV Sekolah Dasar.

Referensi

Barus, F. H., & Sukmawati. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(3), 37-45. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jies/article/view/795.

Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. jurnal Onoma: Pendidikan,Bahasa dan Sastra, 7(1), 24-34. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/452.

Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA ( Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1) 36-51.

Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Canva Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 950-961. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5274/3259

Dewantara, J. A., & Nugriansyah, H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. JED: Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103-115.

Dewi, P. A., Syawaluddin, A., & Hartono. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Materi Nilai-nilai Pancasila di Kelas V SD Negeri Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pinisi Journal Of Education, 5(1), 1-10. https://eprints.unm.ac.id/33656/.

Hayati, T. U. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 8-15. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1715.

Idawati, M. M. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD . Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 745-752. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5314.

Jelantik, A. K. (2019). Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 95-96. Deepublish.

Junioviona, A. Q., Setyowati, N., & Yani, M. T. (2020). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sikap Yang Mencerminkan Sila-Sila Pancasila Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 95-100. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1914.

Karosekali, E. (2021). Analisis Media Dan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran PKN Untuk Tingkat SD. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi , 1(2), 135-140. https://jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/view/29.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Rhamdan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 418-430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995.

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760-768. https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/10084.

Masfufah , S., Damanhuri, & Rahman, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Mata Pelajaran . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 777-784.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI). http://repository.lppm.unila.ac.id/43959/1/ARTICLE%20JPPPI.pdf.

Mifthahul Jannah, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095-1104. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4870.

Nugraha, B. I. (2022). Pengembangan Media Komik Pengamalan Pancasila “KOMPAS” Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,10(2), 214-223. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45347.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak, Anggota IKAPI.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 3(1), 171-187. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdfhttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535.

Perdana, G. A. (2020). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Materi Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Pada Siswa Kelas II SD Negeri Demangan Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan,9(3), 260-270. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/17523.

Perni, N. N. (2018). Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105-113.

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38-49. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/2718.

Putra, L. V., & Purwanti, K. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pendidikan Masyarakat Pendidikan Dasar, 45-52. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/18113.

Putri, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Journal on Education, 4(1), 20-24. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/402.

Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama, 11(1), 47-63. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/51.

Saidurrahman, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan NKRI Harga Mati. Jakarta: KENCANA.

Saparyanto, Y., Fa'izia, K., & Suryana, Y. (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penerbit Cempaka Putih.

Senjaya, R. P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 99-106. https://www.etdci.org/journal/judikdas/article/view/248.

Shahbana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/249.

Siregar, F., Yarshal, D., & Sukmawati. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Multimedia Powerpoint Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8-15. http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/pedagogi/article/view/238.

Suryani, l., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Yogyakarta ombak

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209-215. https://chem-upr.education/ojs/index.php/JIKT/article/view/88.

Wulandari, L. M., & Suniasih, N. W. (2022). Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 33-41. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286

Diterbitkan

2024-11-05