THE ANALYIS OF DISCRIMINATING POWER OF ENGLISH SUMMATIVE TEST

Authors

  • Acep Haryudin STKIP Siliwangi Bandung
  • Iman Santoso STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p59-67.628

Keywords:

Analisis, Daya Pembeda dan Tes Sumatif Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya pembeda dari tes sumatif bahasa Inggris kelas dua SMP N 2 Padalarang. Melalui penelitian ini, diharapkan guru maupun para pembuat tes mendapatkan pengetahuan, gagasan dan pemahaman cara membuat test yang baik dan benar terutama pada bagian kualitas daya pembeda  tes  summatif  bahasa  Inggris,  sehingga  guru atau para pembuat tes  dapat  menyuguhkan soal yang sesuai dengan standar dan membantu  siswa- siswa yang mendapatkan nilai rendah. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian analisis deskriptif karena penelitian ini menggambarkan kondisi objektif daya pembeda tes summative bahasa Inggris pada semester genap siswa kelas dua SMP N 2 Padalarang dengan menganalisis kemampuan  butir  –  butir  soal  tes  summative  bahasa  Inggris  untuk membedakan   kemampuan   para   siswa antara satu sama yang lainnya.   Penelitian   ini   juga termasuk   penelitian kuantitatif,  karena  peneliti  menggunakan  beberapa  data  penghitungan  yang dianalisa dengan statistik. Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa tes sumatif bahasa Inggris yang diujikan pada siswa kelas kedua SMP N 2 Padalarang memiliki daya pembeda yang baik, karena 35 item dengan kategori 0.25 sampai 0.75 atau 70% dari item tes telah memenuhi kriteria dengan daya diskriminasi positif.

Downloads

Published

2016-11-30