PENDEKATAN KONSTURKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF EFFICACY MAHASISWA CALON GURU DI KOTA CIMAHI

Eva Dwi Minarti
Puji Nurfauziah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi dan koneksi matematis dengan self efficacy mahasiswa calon guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa calon guru di Kota Cimahi dan sampelnya adalah mahasiswa calon guru tingkat dua di STKIP Siliwangi Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes uraian koneksi dan komunikasi matematis, serta angket self-efficacy. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran biasa, serta tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru dengan self-efficacy mahasiswa calon guru.


Keywords


Pendekatan Konstruktivisme, Model Pembelajaran Generatif, Komunikasi Matematis, Koneksi Matematis, Self Efficacy

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p68-83.629

Article Metrics

Abstract view : 851 times
PDF - 952 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.