USING THINK-PAIR-SHARE (TPS) TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING CREATIVITY (A Classroom Action Research in the Second Semester Students of STKIP Siliwangi Bandung)

Authors

  • Mundriyah Mundriyah STKIP Siliwangi Bandung
  • Aseptiana Parmawati STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p84-91.630

Keywords:

TPS, Kreativitas, CAR

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa semester kedua di STKIP Siliwangi. Kampus ini terletak di jl.Terusan Jenderal Sudirman no.3, Baros Cimahi Tengah, Jawa Barat. Keterampilan menulis penting, itu tidak mendapatkan cukup perhatian dan alokasi waktu yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis adalah TPS. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan teori belajar yang dapat diterapkan tanpa mengubah peran dosen, tetapi dapat mengoptimalkan kreativitas siswa. target yang spesifik untuk dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan metode TPS untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa. Output yang dibutuhkan dari penelitian ini sebagai publikasi ilmiah di jurnal lokal yang memiliki ISSN. Para peneliti mengidentifikasi beberapa masalah, seperti: 1) Apakah mengajar menulis menggunakan TPS meningkatkan kreativitas menulis siswa ?, 2) Bagaimana proses belajar mengajar situasi ketika TPS dilaksanakan di kelas menulis? Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil pre-test, kami menemukan bahwa hasil menulis siswa berada di bawah rata-rata dan masih jauh dari apa yang diharapkan. Temuan ini didukung oleh hasil skor menulis siswa. Skor rata-rata dari pre test adalah 56,09. Setelah pelaksanaan kegiatan TPS di setiap siklus, skor menulis siswa mendapatkan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata skor siswa Siklus 1 adalah 65,80 dan siklus 2 adalah 80,25. Dapat disimpulkan bahwa TPS dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa dan TPS dapat meningkatkan menulis kelas ke dalam situasi yang lebih baik.

Published

2016-11-30