MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL LUAS SISWA KELAS XII TEK A SMK NEGERI 1 CIMAHI MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF

Authors

  • Endang Rivai SMKN I Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p62-68.987

Keywords:

Representasi Matematis, siswa, SMK

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif kemampuan representasi matematis siswa pada materi integral luas dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas XII TEK A SMK Negeri 1 Cimahi tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai tes kemampuan representasi matematik siswa, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan tes siklus II (setelah pemberian tindakan), dan lembar observasi bagi guru dan bagi siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan tindakan, (3)observasi dan  evaluasi dan (4) refleksi.. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan,  pada materi integral luas siswa kelas XII TEK A SMK Negeri 1 Cimahi, bahwa pembelajaran materi integral luas dengan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan representasi  matematis siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang mengalami peningkatan. Hasil tes kemampuan representasi matematis pada tes awal hanya memiliki rata – rata kelas 42,60. Pada siklus I, hasil tes meningkat cukup signifikan menjadi 52,19. Pada siklus II mengalami perbaikan lagi dan rata-rata kelas untuk nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 58,59.

Published

2018-11-30