GAMBARAN PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i3p121-129.1631Keywords:
Perilaku mencontek, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran perilaku mencontek pada siswa SD. Menurut Yudiana (2006), perilaku mencontek dapat dilakukan dalam bentuk mewakili seseorang dalam menghadiri ujian (joki), menyalin atau memberikan informasi jawaban soal pada saat ujian berlangsung, menggunakan alat-alat bantu (misal buku, kertas dan catatan) yang tidak diperbolehkan pada saat ujian, melihat soal-soal ujian sebelum ujian tes dilakukan dan melakukan kerja sama dengan sesama peserta didik dalam ujian. Metode yang digunakan yaitu melalui pendekatan kuantitatif dan dideskripsikan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum tingkat intesitas siswa kelas V SD berada pada kategori sedang.
Â
References
Anderman, E. & Murdock. (2007). Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier.
Bjorklund, M., & Cwenestam (1999). Academic Cheating: Frequency, Methods, and Causes. Finland : Department of Teacher Education.
Bopp, et al. (2002). “Reducing Incidents of Cheating in Adolescenneâ€, dalam Academic Dishonesty Among Students: Consequences and Interventions. Maryland : ERIC
Garavalia, L., Olson, E., Russell, E., & Christensen, L. (2007). “How do Students Cheat?â€, dalam Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier
Hurlock, E.B. (1996). Psikologi Perkembangan. A.b. Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Kartadinata, S. (2002). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung : CV. Maulana.
Nababan, S.J. (2006). Hubungan antara Slef Efficacy dan Frrekuensi Mencontek Saat Ujian Pada Mahasiswa. Skripsi pada Fakultas Psikologi UNPAD Bandung: Tidak diterbitkan
Yudiana, W (2006). Hubungan Antara Frekuensi Mencontek dengan Motif untuk Berhasil dan Motif untuk Menghindari Kegagalan pada Mahasiswa yang Mengikuti Ujian. Skripsi Unpad. Bandung : Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.