Layanan Bimbingan Klasikal Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Siswa di SMPIT Assyifa Boarding School Subang

Authors

  • Hasanah SMPIT Assyifa Boardingschool Subang

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4205

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Klasikal, Berdiferensiasi, Pemilihan Karir

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mewujudkan fungsi layanan BK yaitu sebagai fungsi penyaluran, dalam hal ini pemilihan sekolah lanjutan dan pemilihan jurusan. Dari data awal diketahui bahwa terdapat 31,2%  atau 39 dari 125 belum memiliki sekolah lanjutan dan memilih jurusannya. Data tersebut menjadi latarbelakang dilakukannya layanan bimbingan klasikal berdiferensiasi untuk meningkatkan pemilihan karir murid. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan instrumennya angket. Hasil dari penelitian ini adalah setelah dilakukannya layanan klasikal berdiferensiasi terdapat 82,4 % atau 103 dari 125 murid sudah memiliki sekolah lanjutan, 17,6% atau 22 dari 125 belum mempunyai pilihan sekolah lanjutan. Kemudian terdapat 73,6% atau 92 dari 125 orang memilih jurusan IPA, 22,4% atau 28 dari 125 orang memilih jurusan IPS, 2,4% atau 3 dari 125 orang memilih jurusan Bahasa, 1,6% atau 2 dari 125 orang memilih jurusan PAI. Dari data tersebut  dapat disimpulka bahwa dengan  penelitian ini adanya peningkatan pemilihan karir pada murid sebanyak 13,6%.

References

Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bathara, M. O. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Need Assessment Siswa Untuk Penyusunan Program Bk Di SMK. Jurnal BK Unesa, 9(1), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/26486

Fauziah, M. (2022). Literatur review: Teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemilihan karir bagi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 2. 2022. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12317/2960

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224-232.

Kemdikbud. (021). Model Inspiratif Layanan BK SMP. Jakarta: KEMDIKBUD

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Jakarta: Kemdikbudristek

Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).

Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 6(1).

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3).

Singarimbun, M. (2006). Metode Penelitian Survei, Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.

Winkel, W. &. Sri Hastuti. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Hasanah. (2023). Layanan Bimbingan Klasikal Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Siswa di SMPIT Assyifa Boarding School Subang. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(3), 74–79. https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4205