Profile of Students' Interpersonal Communication Level at SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Vendilla Noores UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Menur Pujowati SMA Negeri 9 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4438

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Peserta Didik, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode studi deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kelompok usia remaja di SMA Negeri 9 Semarang dengan jumlah sampel 396 terdiri dari kelas X sebanyak 11 kelas dengan rata rata satu kelas 36 responden.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 199 peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat komunikasi interpersonal di SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 dengan presentase Tingkat Komunikasi Interpersonal masuk dalam kategori rendah berjumlah 44 peserta didik dengan persentase 22,11%, sedangkan kategori sedang berjumlah 134 peserta didik dengan persentase 67,34%, dan juga kategori tinggi yang berjumlah 21 peserta didik dengan persentase 10,55%. Hal tersebut dapat menggambarkan bahwa jumlah tingkat komunikasi interpersonal terbanyak pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Semarang berjumlah sekitar 134 peserta didik termasuk dalam kategori Sedang. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang di miliki peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Semarang Tahun ajaran 2023/2024 berada pada rata-rata di kategori sedang.

References

Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6600

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.

Fahrunnisa, H., & Murad, A. (2023). Hubungan Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v5i1

Hutajulu, D. A., Syamsuddin, S., & Ariani, W. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswakelas Xi Ipa 1 Sman 09 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 192. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i1.1343

Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47.

Imam, H., Trisnani, R. P., & Fitri, W. (2022). Studi Korelasi Antara Interaksi Sosial Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Harga Diri Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 21–28

Kesitawahyuningtyas, M. T., & Padmomartono, S. (2014). Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang. Satya Widya, 30(2), 63. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p63-70

Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454

Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. 1(3), 104–110.

Rasimin, R., Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 314–320. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.261

Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/1997

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Wiananda, I. (2020). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi, 60. http://repository.radenintan.ac.id/

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028

Wijayani, Q., & Wijayani, Q. N. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Anak Jalanan. Jurnal Komunikasi, 15(2), 181–194. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/13200

Yuliana, R., & Rahadi, D. R. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35829/magisma.v9i1.133

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Noores, V., Suhendri, S., & Pujowati, M. (2024). Profile of Students’ Interpersonal Communication Level at SMA Negeri 9 Semarang. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(1), 17–23. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4438