PELATIHAN MEDIA “KARTU BINTANG†UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN ORANG TUA DAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p105-110.1567Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru di sekolah dasar dalam membangun hubungan orang tua dan anak sebagai bentuk kerjasama antara orang tua dan guru melalui media “kartu bintang†dalam meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. Dalam pelatihan ini, metode yang digunakan yaitu metode ceramah untuk memberikan penjelasan tentang media “kartu bintangâ€, metode yang kedua yaitu tanya jawab sebagai wadah untuk sharing dan berbagi ilmu serta pengalaman seputar cara meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak di rumah, dan yang terakhir yaitu mengadakan sosialisai dan pelatihan tentang cara penggunaan media “kartu bintangâ€. Sebagai mitra dalam kegiatan ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Dengan target luaran yakni guru di sekolah dasar khususnya wali kelas mampu membuat program bimbingan dan konseling berupa kegiatan kegiatan yang menggunakan media kreatif sebagai salah satu bentuk menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. Dan juga dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dirinya kearah yang lebih positif. Hubungan orang tua dan anak dapat lebih dekat dengan adanya kegiatan sederhana yang dilakukan setiap harinya.
Kata Kunci: Media Kartu Bintang, Kualitas Hubungan, Orang Tua dan Anak
References
Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Ketetapan MPR RI No. IV/2004 Tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara Tahun 2004.
Santrock, J.W. (2010). Child Development.13th Ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak, edisi ketujuh. jilid 2. Jakarta:Erlangga.
Sofyan Willis. (2009). Konseling Keluarga. Bandung; Alfabeta.
Nurihsan, A. J. (2013). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Ramirez, Laura M. (2004). Mengasuh Anak Dengan Visi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maya Maysita Suherman, Siti Fatimah, Euis Eti Rohaeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.