A Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Scrabble
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Scrabble
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v10i1.4690Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan ScrabbleAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui permainan scrabble yang dilakukan di Raudhatul Athfal Nurul Yaqin dengan jumlah subyek penelitian 15 anak. PTK model Kemmis dan Mc. Taggart digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan pra siklus mencapai presentase 48% yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan masih rendah sehingga diperlukan tindakan di siklus I. Anak mengalami peningkatan pada siklus I hingga mendapat presentase 60%, karena hasil belum memenuhi harapan peneliti yaitu sebesar 80% maka dilakukan tindakan di siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan yang baik, siklus II mendapat presentase 81% sehingga diperoleh bahwa hasil kegiatan yang dilaksanakan berhasil mencapai target. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui permainan scrabble di kelompok B RA Nurul Yaqin.
Referensi
Aida Iskandar, M., & Cahyadi, D. (2021). Desain Wadah Permainan Scrabble dan Ludo untuk Anak-Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(2), 116–123.
Anggraini, N., Bahasa, B., & Selatan, S. (2020). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. METAFORA, 7(1), 43–54.
Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 31–43.
Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 17–29.
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342.
Partini. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Metode Proyek Pada Anak. Jurnal AUDI, 1(2), 96–103.
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764.
Pratama, F. F. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Games. AoEJ: Academy of Education Journal, 11(2), 129–141.
Priyanto, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Sejarah Islam melalui Media Screabble Bagi Anak Usia Dini. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.387
Purnamasari, I. (2021). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.
Ruslan, I. (2020). Pengaruh Permainan Scrabble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B TK Nurul Taqwa Kabupaten Gowa.
Septantiningtyas, N., Dhofir, M., & Husain, W. M. (2020). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lakeisha.
Siregar, S. M. D., Prihasti, E., & Ritonga, M. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Scrabble Sebagai Alat Ukur Keterampilan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN 10 Ulu Mahuam. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 146–150.
Tika, D. Dela. (2021). Permainan Bahasa Untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. TEMATIK : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini, 7(1), 1–7.
Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Salsabilla Riyanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.