Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana untuk menghasilkan materi pembelajaran matematika problem possing berbasis komputer dan untuk mengetahui bagaimana kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa dari masalah pendekatan problem possing berbasis komputer. Pertanyaan dan respon siswa dikumpulkan dari 35 siswa kelas satu SMA di Bandung. Data dianalisis dengan deskriptif dengan menggunakan rubrik Leung dan taksonomi Bloom. Untuk menghasilkan materi problem posing berbasis komputer, pertama, guru harus memilih konsep yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa. Setelah itu, guru mencari konteks yang sesuai dengan konsep. Setelah konteks yang dipilih dan cocok tersebut, guru harus memilih software untuk melakukan ide dalam bentuk yang dinamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 240 pertanyaan yang diberikan oleh siswa, hanya 35% yang masuk akal dan cukup masalah matematika. Dari 35% pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa 75% siswa di tingkat pemahaman berdasarkan Bloom taksonomi. Dari 75% siswa yang merespon tersebut menunjukkan bahwa mereka senang terhadap materi yang menggunakan pendekatan problem possing matematika berbasis komputer.  This study aims to know how to produce mathematics problem posing material based on computer and to know how the quantity and quality of students’ question from mathematics problem posing based on computer. Students’ questions and respond is collected from 35 first grade students of senior high school in Bandung. The data is analysed with descriptively by using Leung’s rubric and Bloom taxonomy. To produce problem posing material based on computer, first, teacher must choose a concept that wish to be gifted to students. After that, the teacher searchs a context that according to the concept. After the context is selected and match with it, the teacher must choose a software to perform the idea in dynamic form. The result of this study shows that there is 240 questions that pose by students, only 35% is plausible and sufficient mathematics problem. From 35% questions, it shows that 75% students is in understanding level based on Bloom taxonomy. From the questioner, 75% students’ respond shows that they are happy toward material presentation by mathematics problem posing approach based on computer.

Article Details

Author Biographies

Muhammad Win Afgani

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Bagus Ardi Saputro

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Jero Budi Darmayasa

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

References

  1. Beal, C. R. dan Cohen, P. R. 2012. Teach Ourselves: Technology to Support Problem Posing in the STEM Classroom. Published Online in SciRes. Vol. 3, No. 4, 513 – 519. Diakses pada tanggal 13 November 2015, dari http://www.SciRP.org/journal/ce
  2. Chang, et al. 2011. Embedding game-based problem-solving phase into problem-posing system for mathematics learning. Journal Computers & Education. Diakses pada tanggal 13 November 2015, dari www.elsevier.com/locate/compedu
  3. Bonotto, Cinzia. 2012. Artifacts as Sources for Problem-Posing Activities. Springer Science+Business Media Dordrecht.
  4. Brown, S. I. dan Walter, M. I., 2005. The Art of Problem Posing, 3rd Ed. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  5. English, L. D. 1997. Promoting a Problem-Posing Classroom. Proquest Education Journals. United States: NCTM.
  6. Ferrigo, M. Problem Posing in Mathematical Education. Department of Mathematics. Pisa University. Diakses pada tanggal 13 November 2015, dari http://www.dm.unipi.it/~georgiev/club/progects/DYNAMAT/PUBLIC/D10_Disseminations/Pisa/13_IT_Nitra_Ferrigo.pdf
  7. Fukuda, C., & Kakihana, K. (2009). Problem Posing and its Environment with technology. In Proceeding of 33rd conference of Japan Society for Science Education.
  8. Haji, S. 2011. Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. TRIADIK, 14(1), 55-63.
  9. Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.
  10. Leung, S-K. S. 2012. Teachers Implementing Mathematical Problem Posing in The Classroom: Challenges and Strategies. Springer Science+Business Media B. V.
  11. Robiyana, A. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Posing Materi Segitiga Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 3(1).
  12. Stoyanova & Ellerton, 1996. A framework for research into student’s problem posing in school mathematics. Diakses pada tanggal 13 November 2015, dari http://www.merga.net.au/documents/RP_Stoyanova _Ellerton _1996.pdf
  13. Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
  14. Sumarmo, U. 2015. Mathematical Problem Posing: Rasional, Pengertian, Pembelajaran, dan Pengukurannya. Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung dan Pascasarjana UPI. Diakses pada tanggal 13 November 2015, dari http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2015/09/Problem-Posing-Matematik-Pengertian-dan-Rasional-2015.pdf
  15. Zakaria, et. al. 2012. Teachers’ Creativity in Posing Statistical Problems from Discrete Data. ProQuest Education Journal, Vol. 3, Issue. 8. ISSN: 21514755
  16. Widodo, A., & Pujiastuti, S. 2006. Profil pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran sains. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 4(2), 139-148.