Main Article Content

Abstract

This study aims to develop learning media quadrilateral with problem posing approach based GeoGebra. 8 teachers from three different schools have stated that this media can be used to teach the nature - the nature of the quadrilateral. After the learning is done using this media, this media can facilitate students in asking about the nature - the nature of wake quadrilateral, facilitating students to learn the relationship between the type - the type of wake rectangles that have the same properties, and provides the opportunity for teachers in the evaluation of mathematical communication current students ask and write.

Keywords

Rectangular Problem Posing GeoGebra

Article Details

References

  1. Akhsani, L., Sukestiyarno & Wiyanto (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Metode CIRC Berbasis Membaca Berbantuan CD Interaktif Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(1).
  2. Ariawan, I. P. W. (2012). Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Geometri Bidang Berbantuan Open Software Geogebra. JPP Undiksha, 45(2).
  3. Aryanti, D., Zubaidah & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
  4. Awaliyah, K. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran ARIAS pada Materi Segiempat Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Mirit Tahun Pelajaran 2013/2014. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 16(1).
  5. Disnawati, H., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Eksplorasi Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat di SD Menggunakan Konteks Cak Ingkling. Pythagoras, 7(2).
  6. Dwijayanti, I. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Menggunakan ICT Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA, 2(2/September).
  7. Fadlilah, U., Usodo, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Discovery Learning (Dl) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Banyumas. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(8).
  8. Haji, S. (2011). Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. TRIADIK, 14(1), 55-63.
  9. Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.
  10. Hidayat, W. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Problem Solving Materi Segitiga dan Segi Empat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Semester II Mts Grogol Penatus Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 9(1).
  11. Indahwati, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 4 Pamekasan. Jurnal Kependidikan Interaksi, 20(1)
  12. Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2010):” Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
  13. Miftachudin, M., Budiyono, B., & Riyadi, R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri di Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(3)
  14. Octavianti, F., Setiawan, T. B., & Trapsilasiwi, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran Pendidikan, 3(1), 121-130.
  15. Putra, A. P. (2014). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Pacitan. Numeracy, 1(2).
  16. Robiyana, A. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Posing Materi Segitiga Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 3(1).
  17. Rumiah, T. & Darminto, B.P. (2015). Studi Komparasi Prestasi Siswa Antara Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Direct Instruction dalam Materi Segiempat. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 18(2).
  18. Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1).
  19. Sasmi, F. D., Aima, Z. & Fitri, D.Y. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Kelas VII Semester 2 Mts Lunto Kota Sawahlunto. Pendidikan Matematika, 4(2).
  20. Setyaningsih, A. Darminto, B.P. & Purwoko, R.Y. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe NHT pada Pokok Bahasan Segi Empat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Negeri Prembun. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 3(1).
  21. Sukayasa, S. (2014). Peningkatan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu Terhadap Konsep Bangun-Bangun Segiempat Melalui Pembelajaran Model Pencapaian Konsep. Media Eksakta, 2(2).
  22. Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
  23. Suyadi, H. M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Pokok Segitiga dan Segi Empat Kelas VII H SMP Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Media Penelitian Pendidikan, 8(1 juni).
  24. Wulansari, A., & Rosyidi, A. H. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP di Jenjang Proses Kognitif Menganalisis Pada Materi Segi Empat Berdasarkan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 174-181.
  25. Yusuf, M., Zulkardi, Z., & Saleh, T. (2009). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 48-56.