MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) PADA SISWA SMA

Euis Istianah

Abstract


Kemampuan berpikir siswa, baik berpikir kritis maupun berpikir kreatif merupakan

kemampuan yang penting untuk dimiliki agar dapat memecahkan persoalan-persoalan yang

dihadapi dalam dunia yang senantiasa berubah. Pembelajaran matematika dengan

pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) merupakan suatu alternatif pendekatan yang

berupaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa agar terus

terlatih dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan

berpikir kritis dan kreatif matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran

matematika dengan pendekatan MEAs dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan

pembelajaran biasa baik ditinjau secara keseluruhan maupun ditinjau secara kelompok siswa

(kelompok atas dan kelompok bawah). Selain itu diungkap pula sikap siswa terhadap

pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs. Desain penelitian ini adalah pre-test

post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA pada level menengah. Data

penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Analisis data dilakukan terhadap rerata gain

ternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan kesamaan dua rerata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik

siswa yang belajar dengan pendekatan MEAs lebih baik secara signifikan daripada siswa

yang belajar dengan pembelajaran biasa, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis

matematik siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa secara signifikan lebih baik

daripada siswa yang belajar dengan pendekatan MEAs. Selanjutnya peningkatan kemampuan

berpikir kreatif matematik siswa baik kelompok atas maupun kelompok bawah yang

memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs lebih baik secara signifikan

daripada siswa kelompok atas dan kelompok bawah yang mendapatkan pembelajaran biasa,

dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa baik kelompok atas maupun

kelompok bawah yang belajar dengan pembelajaran biasa lebih baik secara signifikan

daripada siswa kelompok atas dan kelompok bawah yang belajar dengan pendekatan MEAs.

Selanjutnya analisis data angket sikap siswa memperlihatkan bahwa siswa menunjukan sikap

positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs.

 

Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik, pendekatan Model Eliciting

Activities (MEAs)

 

Students' thinking skills , both critical thinking and creative thinking is an important ability to have in order to solve the problems faced in a changing world . Mathematics learning approach to model - eliciting Activities (MEAs) is an alternative approach that seeks to improve the ability to think critically and creatively mathematics students to continue well trained . This study aims to examine the increase in critical and creative thinking skills among students receiving mathematics learning mathematics with MEAs and approach learning with students receiving regular lessons well reviewed as a whole and viewed in a group of students ( groups above and below the group ) . In addition revealed the attitude of students towards learning mathematics with MEAs approach . The study design was a pre-test post-test control group design . The research was conducted at the high school at midlevel. Data were collected through Tests and questionnaires. Data analysis was conducted on  the mean normalized gain between the two groups of samples using the similarity of the two averages. The results showed that an increase in the ability of creative thinking of students who are learning mathematics with MEAs approach is significantly better than students who studied the regular learning , and enhancement of critical thinking skills that students learn mathematics with common learning is significantly better than students who learn to approach MEAs . Further increase students ' ability to think creatively mathematics both groups above and below the group that obtained the learning of mathematics with MEAs approach is significantly better than the group of students and groups that get under ordinary learning, and improved students' mathematical thinking skills critically well below the top group and the group that learn with regular learning is significantly better than the group of students and a group under study with MEAs approach . Further analysis of students' attitudes questionnaire data showed that students showed a positive attitude towards learning mathematics with MEAs approach .

 

Key words : ability to think critically and creatively mathematical, approach to eliciting Model Activities (MEAs)




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p43-54

Article Metrics

Abstract view : 6796 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 18409 times

Refbacks