Main Article Content

Abstract

Kemampuan berpikir siswa, baik berpikir kritis maupun berpikir kreatif merupakankemampuan yang penting untuk dimiliki agar dapat memecahkan persoalan-persoalan yangdihadapi dalam dunia yang senantiasa berubah. Pembelajaran matematika denganpendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) merupakan suatu alternatif pendekatan yangberupaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa agar terusterlatih dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuanberpikir kritis dan kreatif matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaranmatematika dengan pendekatan MEAs dan siswa yang memperoleh pembelajaran denganpembelajaran biasa baik ditinjau secara keseluruhan maupun ditinjau secara kelompok siswa(kelompok atas dan kelompok bawah). Selain itu diungkap pula sikap siswa terhadappembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs. Desain penelitian ini adalah pre-testpost-test control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA pada level menengah. Datapenelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Analisis data dilakukan terhadap rerata gainternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan kesamaan dua rerata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematiksiswa yang belajar dengan pendekatan MEAs lebih baik secara signifikan daripada siswayang belajar dengan pembelajaran biasa, dan peningkatan kemampuan berpikir kritismatematik siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa secara signifikan lebih baikdaripada siswa yang belajar dengan pendekatan MEAs. Selanjutnya peningkatan kemampuanberpikir kreatif matematik siswa baik kelompok atas maupun kelompok bawah yangmemperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs lebih baik secara signifikandaripada siswa kelompok atas dan kelompok bawah yang mendapatkan pembelajaran biasa,dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa baik kelompok atas maupunkelompok bawah yang belajar dengan pembelajaran biasa lebih baik secara signifikandaripada siswa kelompok atas dan kelompok bawah yang belajar dengan pendekatan MEAs.Selanjutnya analisis data angket sikap siswa memperlihatkan bahwa siswa menunjukan sikappositif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik, pendekatan Model ElicitingActivities (MEAs) Students' thinking skills , both critical thinking and creative thinking is an important ability to have in order to solve the problems faced in a changing world . Mathematics learning approach to model - eliciting Activities (MEAs) is an alternative approach that seeks to improve the ability to think critically and creatively mathematics students to continue well trained . This study aims to examine the increase in critical and creative thinking skills among students receiving mathematics learning mathematics with MEAs and approach learning with students receiving regular lessons well reviewed as a whole and viewed in a group of students ( groups above and below the group ) . In addition revealed the attitude of students towards learning mathematics with MEAs approach . The study design was a pre-test post-test control group design . The research was conducted at the high school at midlevel. Data were collected through Tests and questionnaires. Data analysis was conducted on  the mean normalized gain between the two groups of samples using the similarity of the two averages. The results showed that an increase in the ability of creative thinking of students who are learning mathematics with MEAs approach is significantly better than students who studied the regular learning , and enhancement of critical thinking skills that students learn mathematics with common learning is significantly better than students who learn to approach MEAs . Further increase students ' ability to think creatively mathematics both groups above and below the group that obtained the learning of mathematics with MEAs approach is significantly better than the group of students and groups that get under ordinary learning, and improved students' mathematical thinking skills critically well below the top group and the group that learn with regular learning is significantly better than the group of students and a group under study with MEAs approach . Further analysis of students' attitudes questionnaire data showed that students showed a positive attitude towards learning mathematics with MEAs approach . Key words : ability to think critically and creatively mathematical, approach to eliciting Model Activities (MEAs)

Article Details