PENDEKATAN ICEBERG DALAM PEMBELAJARAN PEMBAGIAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

Saleh Haji

Abstract


Makalah ini membahas pengaruh pendekatan iceberg pada pembelajaran pembagian pecahan di Sekolah Dasar.Tahapan pendekatan iceberg tersebut sebagai berikut: 1. Orientasi lingkungan secara matematis, 2. Model material, 3. Pembuatan pondasi, dan 4. Matematika formal. Sedangkan topik pembagian pecahan yang dibahas terdiri atas: pembagian bilangan bulat oleh pecahan, pembagian pecahan oleh bilangan bulat, dan pembagian pecahan dengan pecahan. Penggunakan pendekatan iceberg dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa SD dalam memahami materi pecahan khususnya pembagian pecahan.

Kata Kunci    : Pendekatan Iceberg, Pembagian Pecahan

 

 

This paper discusses the influence of iceberg approach to learning division of fractions in school Dasar.Tahapan iceberg approach is as follows: 1. Mathematically oriented environment, 2. Material model, 3. Making foundations, and 4. Formal mathematics. While the division of fractions topics covered consist of: integer division by fractions, division of fractions by integers, and division of fractions by fractions. Use of the iceberg in mathematics learning approach is expected to overcome the difficulties in the elementary school students understand the material fractions in particular the division of fractions. 


Key words : Iceberg approach, division of fractions.




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p75-84

Article Metrics

Abstract view : 1078 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2073 times

Refbacks