PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kartini Hutagaol

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini berbentuk eksperimen, kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kontekstual, dan kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar kemampuan representasi matematis siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi, sehingga telah memiliki ketepatan untuk digunakan sebagai instrumen penelitian, serta memiliki koefisien reliabilitas 0,76 dan diinterpretasikan bahwa derajat reliabilitas instrumen
yang digunakan adalah kategori tinggi dengan demikian dapat dipercaya sebagai alat ukur penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, kemampuan representasinya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensioanal. Temuan lainnya: siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual kemampuan mengkaji, menduga, hingga membuat kesimpulan berkembang dengan baik, dibanding siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual.

 

 

The problem in this study is the lack of representation of students' mathematical ability. This form of experimental research, the experimental group was treated contextual learning, and a control group treated with conventional learning. The data was collected using the results of the test instruments capability representation of students' mathematical learning. The instrument has content validity qualify, so it already has the accuracy to be used as a
research tool, and has a reliability coefficient of 0.76 and interpreted that the degree of reliability of the instrument used is a high category can thus be trusted as a measure of
research. The findings in this study are contextual learning can improve students' mathematical representation of junior high school. Learning outcomes of students who received learning using contextual learning, the ability of representation is better than the results of student learning using learning konvensioanal. Other findings : students are
learning with the ability to assess contextual learning, suspect, to make inferences is well developed, compared to students who use ordinary learning.

Key words : Mathematical representation capability, Contextual Learning




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99

Article Metrics

Abstract view : 9211 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 11926 times

Refbacks