PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA

Asep Ikin Sugandi

Abstract


Kemandirian belajar merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Hal ini didasarkan bahwa indikator kemandirian belajar seperti 1) Inisiatif Belajar, 2). Mendiagnosa Kebutuhan Belajar, 3) Menetapkan Target dan Tujuan Belajar, 4) Memonitor, Mengatur dan Mengontrol, 5) Memandang Kesulitan Sebagai Tantangan, 6) Memanfaatkan dan Mencari Sumber yang relevan, 7) Memilih dan Menerapkan Strategi Belajar, 8) Mengevaluasi Proses dan Hasil Belajar dan 9) Self Eficacy (konsep diri) sesuai dan mendukung dengan penerapan pendekatan berbasis masalah dengan seting kooperaif Tipe Jigsaw.

 

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Berbasis Masalah, Jigsaw

 

 

Independent learning is a very important aspect in learning mathematics. This is based on independent learning indicators such as 1) Learning Initiative, 2). Diagnosing Learning Needs, 3) Setting Targets and Goals Learning, 4) Monitor, Manage and Control, 5) Difficulties Looking For Challenges, 6) Utilize and Finding the relevant sources, 7) Choosing and Implementing Strategy Study, 8) Evaluating the Process and Results learning and 9) self Eficacy (self-concept) compliant and supports the implementation of problem-based approach to setting kooperaif Jigsaw type.

 

Key words : Independence Learning, Problem Based, Jigsaw




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p144-155

Article Metrics

Abstract view : 5730 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 6193 times

Refbacks