Main Article Content

Abstract

ABSTRAK                                         Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa SMA, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, salah satunya ialah Implementasi Pendekatan Investigasi Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol tidak ekivalen. Hasil penelitian menunjukan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA pada kelompok tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD.Kata Kunci    : Pendekatan Investigasi, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pemecahan Masalah Matematik  ABSTRACTThis research was motivated by the poor ability of solving problems of high school students, so it is necessary to find an alternative learning can improve students' mathematical problem-solving abilities, one of which is the implementation of Investigation Approach By Type STAD Cooperative Learning Strategies. This study aimed to determine (1) whether the mathematical problem-solving ability of students who obtain investigative approach with STAD cooperative learning strategies better than students who received conventional learning, (2) whether the increase in mathematical problem-solving ability of students who obtain investigative approach to learning strategies STAD cooperative better than the increase in mathematical problem-solving ability of students receiving conventional learning, (3) whether there are differences in the increase in mathematical problem-solving ability of students in groups of high, medium and low who obtain investigative approach with STAD cooperative learning strategies. This research was conducted at SMAN 2 Serang. The method used is the method of quasi- experimental control groups are not equivalent. The results showed: (1) mathematical problem solving ability of students who obtain investigative approach with STAD cooperative learning strategies better than students using the conventional model, (2) an increase in mathematical problem-solving ability of students who obtain investigative approach with STAD cooperative learning strategies better than the increase in mathematical problem-solving ability of students receiving conventional learning, (3) there are differences in the increase in mathematical problem solving ability in a group of high school students high, medium and low who obtain investigative approach with STAD cooperative learning strategies.Keywords      :  Investigative Approach , Type STAD Cooperative Learning , Math Problem Solving

Article Details