Main Article Content

Abstract

ABSTRAKMasalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang diterapkan adalah Metode Mind Mapping, dikarenakan dengan metode pembelajaran mind mapping kemampuan berpikir kreatif matematik siswa  lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran biasa.Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan metode mind mapping lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya biasa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan metode pembelajaran mind mapping dan pembelajaran biasa (konvensional). Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 4 soal, kemudian data skor kemampuan berpikir kreatif matematik siswa tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode mind mapping lebih baik daripada cara biasa. Kata Kunci    : Berpikir Kreatif Matematik, Mind Mapping ABSTRACTThe problem of the background of this research is still low ability to think creatively mathematical school students (SMP), so that the necessary learning methods to overcome these problems. The method applied is Mind Mapping method, because the mind mapping method of learning mathematics students' creative thinking ability is better when compared to the learning method biasa.Berdasarkan this background, this study aims to determine whether the ability of creative thinking of students learning mathematics using mind mapping better than the usual student learning. This research is a form of quasi-experimental pretest-posttest control group, the treatment methods of teaching and learning mind mapping regular (conventional). Collecting data in this study is a description of the test as much as 4 questions, then the data is the ability to think creatively math scores of students were analyzed with descriptive and inferential statistics using two different test average. Based on the results of the data analysis we concluded that the increase in the ability to think creatively mathematical junior high school students are learning to use mind mapping method is better than the usual way.Keywords: Creative Thinking Mathematics, Mind Mapping.

Article Details

Author Biography

Rijal Darusman

Guru Matematika MTs Miftahul Hasnah

References

  1. Buzan, T.(2006). Mind Map untuk Meningkatkan kreativitas.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  2. Fitriana.(2012). Penerapan Model Kooperatif Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA: Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Bandung. Skripsi S1, UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan.
  3. Hidayat, W.(2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Tesis S2, UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan
  4. Kuraesin.(2009).Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Pembelajaran Dengan Metode Improve. Skripsi S1, UPI. Bandung : Tidak Dipublikasikan.
  5. Munandar, U.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta : PT.Rineka Cipta
  6. Nani.(2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah.Draft Disertasi, UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.
  7. Tapantoko, A.A.(2011). Penggunaan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Skripsi. FMIPA UNY. Tidak diterbitkan.
  8. Wikipedia (2011). Mind Map.[online] Tersedia :http://en.wikipedia.org/wiki/mind_map. [12 Agustus 2011].