Main Article Content

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan pada materi memahami sifat-sifat kubus, balok dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya telah membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode numbered heads totegher dan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Metode kuasi eksperimen ini untuk membedakan dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode Numbered Heads Together dan kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional. Hal ini dapat dilihat perbedaannya dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan metode Numbered Heads Together dalam kelas ekperimen dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional dalam kelas kontrol. Kata Kunci    :   Metode Numbered Heads Together, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik  ABSTRACTResearch conducted on the material to understand the properties of cubes, blocks and parts and determine its size has been proved that there is no difference in mathematical problem solving ability of students who take lessons with Numbered Heads totegher method and the conventional method. The method used in this study is a quasi-experimental method. This quasi-experimental method to distinguish the two classes is the class of experiments investigated using Numbered Heads Together and grade control using conventional methods. It can be the difference of mathematical problem solving ability of students who were taught with methods Numbered Heads Together in classroom experiments and mathematical problem solving ability of students who are taught by the conventional method in the control class. Keywords:            Methods Numbered Heads Together, Mathematical Problem Solving Ability

Article Details

Author Biography

Winda Trisnawati

Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

References

  1. Kamus Pusat Bahasa (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
  2. Suherman, E., Turmudi., Suryadi, D., Herman, T., Suhendra., Prabawanto, S., Nurjanah & Rohayati, A. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  3. Trianto (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Struktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
  4. Yuliani, R. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nglinduk Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 .http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/847/T1_292008091_BAB%20II.pdf?sequence=3 (diakses tanggal 28 Mei 2014)