Main Article Content

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan Brainstorming Round-Robin dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya konvensional. Penelitian kuasi eksperimen ini mengambil populasi siswa kelas VII pada salah satu SMP di kabupaten Bandung Barat dengan sampel 2 kelas. Dari dua kelas yang dipilih dalam penelitian ini, salah satunya digunakan sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round-Robin, sedangkan kelas lainnnya sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya konvensional. Kedua kelompok diberikan pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis. Data N-gain yang diperoleh diuji secara kuantitatif dengan uji perbedaan rerata nonparametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brainstorming Round-Robin lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya konvensional.Kata Kunci    :     Brainstorming Round-Robin, KomunikasiMatematis  ABSTRACTThe aims of these research are to determine anincrease in mathematics communication of students who obtain learning using Round-Robin Brainstormingbetter thanstudents who receivedconventional learning. This quasi experimental take population all students at class VII in one of public secondary school in West Bandung district with 2 classes as sample. From this 2 classes choosen in this research, one of them as an experimental classthatacquirelearningwithRound-Robin Brainstormingapproach, and the other one as acontrol class that receive conventional learning. Both groups weregiven thepretest and posttest of mathematics communication. N-gain data obtainedquantitatively,testedwitha meandifference testnonparametricMann-Whitney. The results showedthat an achievement and increase inmathematics communication of students thatgetslearning usingRound-Robin Brainstormingapproachbetter thanstudents who receivedconventional teaching.Keywords:            Round-Robin Brainstorming, mathematics communication

Article Details

References

  1. Alberta Education (2008). French as a Second Language Guide for Implementatition-Grade 10 to Grade 12 (Three-Year). [online]. Tersedia: http://education.alberta.ca/media/904583/app15.pdf . [02 Februari 2013].
  2. Barkley, E.E., Cross, K.P., and Major, C.H. (2005). Collaborative Learning Techniques. New York: Jossey-Bass.
  3. Baroody, A, J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, (K-8): Helping Children Think Mathematically. New York: Merrill as imprint of Macmillan Publishing Company.
  4. Heartland Area Education Agency 11. (2006). Strategi and Tools for Group Processing. [online]. Tersedia: http://learningteams.pbworks.com/f/Facilitation+Tools+%26+Strategies.pdf.
  5. Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika. [online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/#more-1027.
  6. Huang J dan Normandia B. (2009). “Students’ Perceptions on Communicating Mathematically: A Case Study of a Secondary Mathematics Classroom”. The International Journal of Learning. 16, (5).
  7. Hutapea, N.M. (2013). Peningkatan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi pada SPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
  8. Ledlow, S (1995). Instructions for Roundrobin Brainstorming. Arizona State University. [online]. Tersedia: http://www.hydroville.org/system/files/team_roundrobin.pdf. [22 januari 2013].
  9. Matrinho, M. H dan Ponte, J.P. (2008). A Collaborative Project as a Learning Opportunity for Mathematics Teachers. The International Congress on Mathematical Education. eds 11. Monterrey.
  10. Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Edisi Cetak Pertama. Bandung.: Tarsito.
  11. Soedjadi, R (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suherman, et al. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
  13. Wulanratmini, D. (2011). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis dengan Pendekatan Creative Problem Solving melalui Media Geogebra di Kota Bandung Propinsi Jawa Barat. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
  14. Yuniarti, Y. (2007). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri. Tesis pada PPs UPI: Tidak Diterbitkan.