Tingkat Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMK N 6 Semarang Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Chusna Pradipta Ekiyani Universitas PGRI Semarang
  • Jovita Juliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sri Wahyuni SMK Negeri 6 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4496

Keywords:

Asertif, Peserta didik

Abstract

Perilaku asertif merupakan soft skill kecakupan hidup yang sangat penting untuk dimiliki individu, karena perilaku asertif sangat diperlukan dalam sisi kehidupan individu untuk menjalani hari-harinya. Latar belakang penelitian ini karena ditemukan peserta didik yang kurang memiliki perilaku asertif. Peneliti melakukan peneitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat  perilaku asertif peserta didik kelas X di SMK N 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan kepada peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan simple random sampilng. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan olah data, menunjukan peserta didik di kelas X SMK N 6 Semarang berada pada 3 kategori diantaranya: kategori rendah dengan sebanyak 144 peserta didik dan persentase 40,91%, kategori sedang dengan jumlah 177 peserta didik dan persentase 50,28%, lalu kategori tinggi 31 peserta didik dan persentase 8,81%. Hasil ini menunjukan bahwa peserta didik kelas X SMK N 6 Semarang berada pada kategori sedang, namun dalam mengungkapkan isi pikiran dan perasaan mereka masih memiliki hambatan.

References

Alberti, R.E & Emmons, M. L. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta : Elex Media Komputindo

Ampuno, S. (2020). Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 1(1), 18–27.

https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1163

Astuti, D., & Suharso, S. (2021). Perilaku Asertif Dalam Menolak Ajakan Penyalahgunaan Narkoba Ditinjau Dari Gender (Assertive Behavior in Refusing Drug Abuse Taxed From Gender ). Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, vol 8.

https://doi.org/10.26877/empati.v8i2.8015

Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14.

https://doi.org/10.29210/12500

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370–1377.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858

Khairani, A., Martunis, & Fajriani. (2017). Pelaksanaan Teknik Sertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 65–72.

http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2803.

Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. Fondatia, 3(2), 103–113.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.361

Ratnasari, S., & Arifin, A. A. (2021). Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.802

Rohyati, E., & Purwandari, Y. H. (2015). Perilaku Asertif Pada Remaja. In Psikologi (Vol. 11, Issue 18583970, pp. 1–11).

https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/107

Sari, A. J., Sismiati, A., & Hidayat, D. R. (2013). ASERTIFITAS SISWA TERHADAP PERILAKU SEKSUAL (Survei di Kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1682

Sriyanto, -, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74.

https://doi.org/10.22146/jpsi.6959

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif dalam menyampaikan pendapat di kelas pada siswa smpn 21 semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 1–8.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Yulianti, P. D. (2019). Profil Asertivitas Mahasiswa. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4116

kelliat,B.A.,Tololiu,T.A.,Daulima,N.h.c.&Ernawati,E.(2015). Effectivenessassertive training of bullying prevention among adolencents in west java Indonesia. International Journal Of Nursing, 2 (1), 128-138.

DOI.10.15640/ijn.v2n1a14.

Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. FONDATIA, 3(2), 103-113.

Doi. 10.36088/fondatia.v3i2.361

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Ekiyani, C. P., Juliejantiningsih, J. ., & Wahyuni, S. . (2024). Tingkat Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMK N 6 Semarang Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(1), 33–39. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4496